sejarah game online di Indonesia

Posted: March 29, 2010 in Uncategorized

Tak terasa bahwa perjalanan game online di Indonesia telah memasuki tahun ketujuh, dimulai dengan masuknya Nexia Online di Indonesia untuk pertama kali 7 tahun yang lalu.

Kiranya artikel ini bisa membuat gamer bernostalgia dengan game lama (yang sudah menutup layanan). Kami akan membahasnya satu persatu secara singkat.

Game online tahun 2001 hingga 2004, kami kategorikan masa nostalgia, karena banyaknya game online yang sudah menutup layanannya.

1.Nexia

Nexia, game online RPG keluaran BolehGame pertama di Indonesia muncul pada bulan Maret tahun 2001 dengan grafik sederhana berbasis 2D. Nexia hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup kecil, dan bahkan bisa dimainkan di Pentium 2, dengan grafik card 3D minimal. Game keluaran Nexus (Korea) ini juga mudah di-install pada komputer-komputer warnet yang kebanyakan memiliki spesifikasi ‘yang penting bisa internet’. Memperkenalkan bermain game dan chat bersama pertama di Indonesia, game dengan karakter imut kecil ini sukses tanpa mendapat saingan. Walau 2D dan simple, game ini memberi kesan cukup mendalam pada gamer-gamernya, terbukti setelah beberapa tahun berlalu masih banyak yang menunggu sequelnya bahkan banyak jugamemainkan Nexia server internasional.

Game yang terdiri dari 4 karakter utama (mage, roque, warrior dan poet) ini mempunyai dunia jelajah yang luas, dan disertai dengan banyak quest sesuai levelnya. Selain itu Nexia mempunyai banyak ’side job’ seperti menambang, menjahit, menempa, yang bisa menghabiskan waktu-waktu hingga ratusan jam permainan untuk mencapai tingkat mahaguru. Game ini ditutup sekitar tahun 2004 karena lisensinya tidak diperpanjang lagi.

2.Redmoon

Game dengan grafik 2.5D ‘full color’ ini sempat sangat digandrungi oleh gamer di Indonesia. Muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 2002, Redmoon bisa diterima oleh gamer Indonesia. Dengan gameplay yang ber-setting masa depan, game ini mempunyai tingkat kesulitan permainan yang cukup tinggi, dimana level karakternya bisa mencapai level 1000. Ketika game ini di-patching dengan versi terbaru, karakter permainan bahkan ditingkatkan menjadi maksimal level 5000. Cerita Redmoon sendiri didasarkan kisah dari sebuah komik dengan judul yang sama.

Kesulitan lainnya di dalam Redmoon adalah ketika karakter mati, barang yang dipakai, dibawa, bahkan uang (gold) juga bisa jatuh secara random. Keasyikan bermain Redmoon terletak di leveling, upgrade barang dan mencari barang-barang langka yang cukup sulit untuk didapatkan. Pemain yang levelnya tinggi, bisa menempuh perjalanan ke ruang angkasa dengan sebuah pesawat yang berangkat tiap 1 jam. Keunikan lainnya game ini adalah game ini memiliki 9 karakter (Philar, Sadad, Lavita, Destino, Canon, Jarexx, Azlar, Lunarena, dan Kitara). Masing-masing karakter memiliki skill yang unik dan berlainan.

Ketika game ini pertama kali launching, pihak pemegang lisensi game menyediakan sebuah mobil sport bagi pemain yang pertama mencapai level 1000. Sayangnya pada akhirnya hadiah tersebut tidak jelas dan siapa yang mendapatkannya juga tidak jelas. Redmoon sendiri akhirnya menutup layanannya pada tahun 2005.

3.Laghaim

Layaknya game console, kecanggihan grafik sebuah game adalah faktor utama yang membuat gamer tertarik melihat game tersebut dan mencobanya. Sayangnya, game 3D membutuhkan spesifikasi komputer user dan server yang tidak kecil… Karena itu Laghaim yang adalah game online RPG bergrafik 3D pertama yang masuk Indonesia, tapi sering lag pada kota utamanya hingga mendapat julukan LAG-haim.

Game keluaran BolehGame ini hadir pada awal tahun 2003, beberapa bulan sebelum Ragnarok Online beredar di Indonesia. Pada saat itu koneksi internet Indonesia bisa dikatakan belum begitu bagus dan beberapa warnet spesifikasi komputernya ada yang masih pas-pasan, sehingga laghaim sendiri kurang begitu sukses bila dibanding dengan Nexia. Selain itu gambarnya sendiri tidak begitu sreg dilihat oleh mata. Laghaim sendiri cukup bisa bertahan hingga tahun 2006, karena mempunyai peminat fanatik tersendiri.

4.Ragnarok Online (RO)

Game yang kisahnya diambil dari sebuh komik karya komikus terkenal Korea ini, sudah terkenal sebelum masuk ke Indonesia. Banyak gamer Indonesia telah antusias menunggu game ini hingga rela memainkannya dengan lag-lag di server internasional. Ketika game yang booming di mancanegara ini masuk ke Indonesia pada bulan Mei tahun 2003, game ini langsung diserbu para gamer melebihi game-game sebelumnya. Game buatan Gravity (Korea) mempunyai gameplay dan gambar anime yang sangat cocok dengan kegemaran gamer Asia, bahkan game ini cukup sukses juga di berbagai negara Eropa.

Game keluaran PT. Lyto ini dengan mudah menarik banyak penggemar baru bahkan dari kalangan yang non-gamer. Game yang sangat sukses ini bahkan tidak hanya menguntungkan publishernya, tapi juga beberapa gamer bahkan membeli mobil atau apartemen dengan jual beli barang di dalam game ini. Ragnarok Online memakai grafik rendered 3D dengan karakter yang lucu-lucu, hingga menarik banyak pemain gamer cewek untuk memainkannya. Bukan rahasia lagi kalau beberapa gamer juga mendapatkan pasangannya bahkan pasangan hidup dari game ini.

Kelebihan game ini antara lain memiliki dunia luas yang bisa dijelajahi oleh para pemainnya. Selain itu pembagian karakter dan job-nya sendiri sangat baik bila dibanding dengan game-game lainnya. Monster, item dan peta juga dibuat dengan sangat baik. Fitur-fitur lainnya pada game seperti karakter bisa membuka chat room (pub), karakter yang bisa berjualan, menempa barang, mengambil quest dan masih banyak lagi, merupakan salah satu yang membuat game ini tidak menbosankan. Ragnarok sampai saat ini masih bertahan di Indonesia walau banyak bermunculan game-game online baru, dan dapat dikatakan bahwa Ragnarok merupakan game online tersukses di Indonesia.

5.GunBound

Gundbound merupakan game online ber-genre action pertama yang masuk ke Indonesia. Dirilis sekitar tahun 2004, Gunbound sangat asyik dimainkan untuk mengisi waktu senggang. Tidak seperti game online RPG, game keluaran BolehGame ini tidak ‘menuntut’ gamer harus berdiam di depan komputer untuk berjam-jam. Sistem permainannya sendiri bisa berkelompok atau sendiri-sendiri, dimana karakter yang dimainkan akan mengendarai sebuah ‘kendaraan’ yang bisa menembaknya amunisi kepada lawan mainnya.

Gunbound merupakan game pertama yang memanfaatkan sistem ‘item mall’ , yaitu pemain dapat membeli item-item atau avatar (item yang bisa dipakai oleh karakter) untuk mendandani karakternya. Pembelian item bisa menggunakan voucher yang diterbitkan oleh BolehGame.

Gunbound juga merupakan game gratis selamanya pertama di Indonesia, dimana pemain tidak perlu harus membeli voucher untuk bisa memainkannya. GunBound juga merupakan game action pertana yang masuk di WCG (World Cyber Game). Game ini sempat sangat digandrungi ketika pertama kali dirilis di Indonesia, dan hingga kini GunBound masih bertahan dengan para penggemarnya yang terlihat masih cukup setia untuk memainkan game ini.

6.Xian

Game 2.5D ini cukup kreatif memakai sistem strategi-RPG dengan latar belakang oriental Asia. Xian memiliki gameplay yang berasaskan berdagang dan mencari keuntungan sebesar besarnya. Uang di dalam game ini adalah segalanya, dan semua item bisa di uangkan, dan mungkin tujuan akhir dari game ini adalah mendapatkan uang sebanyak-banyaknya.

Game yang sangat unik keluaran BolehGame ini, mengambil setting Asia timur pada tahun 1500. Ketegangan politik melanda di seluruh negeri Asia Timur. Setelah perang saudara yang panjang di Jepang, akhirnya Jepang bersatu dan merencanakan perluasan daerah jajahan. Dinasti Ming di Cina yang sedang berperang melawan musuhnya, sudah mulai kehilangan kekuatan dan semangat. Keadaan damai yang panjang di Korea membuat penduduk negeri itu menjadi tidak peduli dengan perubahan yang terjadi di sekitar negeri mereka. Saat itu keadaan ekonomi dan sosial sedang mengalami saat yang sangat sulit. Tapi keadaan seperti ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mewujudkan impian mereka. Pedagang-pedagang dari Korea, Jepang dan Cina berkelana ribuan kilometer jauhnya melewati gunung-gunung yang tinggi, sungai-sungai yang panjang dan melintasi lautan luas nan ganas untuk memperoleh kemasyuran dan kekayaan. Petualangan seperti ini yang harus dijalani oleh pemain game yang ingin menjadi seorang pedagang termasyur.

Xian masih bertahan hingga kini karena memakai sistem ‘item mall’ yang gratis selamanya. Pemain game fanatik terhadap sistem pola permainan yang unik ini, tampaknya susah berpaling terhadap game online lainnya.

7.Risk Your Life (RYL)

Game online RPG 3D bergaya gothic, dengan tema dua bangsa yang bermusuhan, yaitu Human (manusia) dan Akhan. Game keluaran PT. Dream Web Technology masuk sekitar pertengahan tahun 2004. Game ini membutuhkan spek komputer yang sangat tinggi untuk bisa memainkan game ini dengan lancar, yaitu processor setidaknya harus setara dengan Pentium 4 dan dengan kartu grafik yang mempunyai kemampuan rendering tinggi.

Dalam RYL kamu dapat menyerang dan menguasai para monster, pemain, group, guild, kebangsaan lainnya; dan karakter kamu akan berkembang dengan latihanmu. Karakter pemain akan berkembang tidak hanya dari level, tapi juga dari mengumpulkan sumber alam, dan pemain harus melindungi para teman, guild, bahkan kebangsaanmu sendiri. Jika tidak, pemain lain akan menguasai sumber alam tersebut. Terdapat 3 jenis peperangan di dalam game RYL yaitu Guild War, Siege War dan Race War.

RYL hingga kini juga masih bertahan dengan tiga buah servernya, dan sejak tahun 2005 RYL telah meng-upgrade versinya menjadi RYL versi 2.

8.Tantra Online

Tidak lama setelah RYL muncul, Tantra muncul sebagai saingan yang cukup serius untuk gameplay yang hampir sama. Game online RPG 3D ini menampilkan tema berbeda dari ‘middle earth’ ataupun ‘futuristik’, Tantra Online mengambil setting dari legenda-legenda di India. Grafiknya sendiri terlihat indah dan cukup mendetail, dimana pemain dapat melihat ukiran-ukiran pada armor yang kamu pakai, peta dan bangunan di dalam game juga terkesan khas India kuno.

Tantra juga menawarkan sejumlah dungeon/area bawah tanah, bahkan area istimewa yang dipersiapkan khusus untuk para pemain melakukan pertempuran dan pertandingan antar dewa 8 Karakter berbeda. Dalam Tantra terdapat 4 kelas dan 8 suku. Setiap suku dilengkapi dengan pakaian dan item yang unik ditambah dengan fasilitas menambah level karakter guna meningkatkan kemampuan tempurnya. Sistem war yang dapat dilakukan kapan saja dan sistem ‘guild castle siege’ juga merupakan keunggulan game ini.

Game keluaran Playon ini tampaknya sudah banyak ditinggalkan oleh para pemainnya, tapi masih sempat bertahan saat ini. Tampaknya Playon ingin tetap bertahan dan lebih konsentrasi terhadap game-game baru mereka di masa mendatang. Sejak tanggal 5 Maret 2008, Tantra bisa dimainkan gratis selamanya. Selain itu sejak tanggal 1 Maret, telah ada event ‘Double XP’ selamanya.

9.Survival Project

Game ber-genre action-RPG ini tidak begitu sukses di Indonesia dan hanya bertahan kurang dari 2 tahun sejak diluncurkan. Game yang dikeluarkan oleh Playon dengan jarak waktu yang hampir bersamaan dengan diluncurkannya Tantra, mempunyai gameplay yang cukup unik, dimana pemain bisa bermain bola, saling bertarung untuk mengumpulkan ‘legendary orb’.

Survival Project memakai grafik 2D (tampilan karakter hanya terlihat dari atas) yang imut dan penuh warna, rencananya akan gratis selamanya dengan menggunakan sistem item mall. Sayangnya game ini tidak bisa diterima oleh gamer Indonesia, walau cukup sukses di negara asalnya Korea.

10.GetAmped

Game action-fighting 2.5D keluaran PT. Lyto yang dapat dimainkan beberapa gamer sekaligus. Dengan fasilitas utama membuat atau mendownload skin untuk karakter-karakternya, gamer bisa membuat karakter sendiri di dalam game ini.

Muncul pada awal tahun 2005, GetAmped merupakan game kedua keluaran PT. Lyto setelah sukses dengan Ragnarok. Dengan sistem ‘free to play’ dan ‘item mall’, game ini mayoritas dimainkan mereka yang berada pada usia 17 tahun ke bawah dan laki-laki. Game ini juga dapat dimainkan menggunakan gamepad khusus untuk komputer.

PT. Lyto sering mengadakan event untuk mempromosikan game ini, sehingga walau game ini terlihat tidak begitu bagus, tapi memiliki banyak peminat tersendiri, terutama sejak di upgrade menjadi GetAmped-R. Sampai saat ini game buatan Korea ini masih bertahan di Indonesia dan banyak diminati oleh gamer di luar Jakarta.

11.StarGate Online (SGO)

Game Online RPG 2D dengan gambar-gambar imut yang memiliki mayoritas pemain berumur 17 tahun kebawah, muncul pada tahun 2005. Game keluaran PT. Borneo X ini memiliki keunikan dimana masing-masing karakter bisa mengendarai semacam robot, dan salah satu karakternya juga adalah sebuah robot. Game online buatan Jepang ini sempat menjadi gratis kembali dengan sistem ‘item mall’ setelah ditinggalkan pemainnya karena memakai sistem ‘Pay to Play’.

Game ini sebenarnya cukup menyenangkan, sayangnya memiliki kekurangan di pola manajemen dari pihak publisher, hingga akhirnya menjadi salah satu game publisher di Indonesia yang menutup usahanya pada tahun 2006.

12.TS Online

Game Online RPG 2D keluaran tahun bulan Juli 2005 ini, memiliki gaya oriental dengan mengambil setting jaman ‘Sam Kok’ atau yang dikenal dengan tiga kerajaan (Three Kingdom). Gaya permainan di dalam gamenya cukup unik, dimana pemain dapat menangkap monster untuk dijadikan sebagai peliharaan (pet). Di dalam game-nya sendiri terdapat beberapa mini game seperti permainan dadu, sehingga pemain tidak akan cepat bosan.

TS Online juga merupakan game online yang pertama kali memperbolehkan membuka dua client atau karakter bersamaan dalam satu komputer. Sayangnya game ini hanya bertahan hingga 18 Februari 2008, dan sudah ditutup aksesnya oleh pemegang lisensinya, PT. Global World Technology.

13.O2Jam

O2Jam adalah permainan game online berdasarkan musik yang dapat dimainkan 8 player didalam 1 room secara bersamaan. Didalam game ini, gamer dapat menggunakan alat-alat musik yang lucu-lucu. Bukan hanya alat musik saja, gamer juga dapat memakai baju-baju atau avatar yang lucu-lucu juga.

Mengikuti kesuksesan game arcade seperti Dance Dance Revolution dan Para para, game ini memperkenalkan user PC pada game musikal berbasis ketukan. Untuk memahami O2Jam, kamu cukup mengikuti melodi lagu dan menekan tombol dengan cekatan. O2Jam dirilis pertama kali oleh PT. Infomedia Nusantara pada tahun 2005, dan langsung banyak diminati oleh para gamer, terutama gamer cewek. Lagu dan alunan musik di O2Jam sering sekali terdengar di warnet dan game center pada saat itu.

Ketika game ini sempat dibuat ‘pay to play’, penggemar game ini sebagian besar langsung kabur, hingga akhirnya diubah menjadi sistem ‘item mall’ atau ‘free to play’. O2Jam masih bertahan hingga saat ini, dan sejak tahun 2006 sudah berubah menjadi O2Jam NX (New Experience).

14.Pangya

Satu lagi game action dari BolehGame, yang memperkenalkan pola bermain golf 3D, dengan karakter imut dan menggemaskan. Akurasi dan perhitungan jitu dibutuhkan untuk menjadi ahli di dalam game ini. Banyak gamer tergila-gila dengan permainan yang satu ini, hingga menjadikannya sebagai game wajib yang harus di mainkan setiap hari. Bisa dikatakan bahwa Pangya merupakan game tersukses BolehGame setelah Nexia.

Sistem permainan Pangya sendiri mirip pada umumnya dengan olahraga golf. Bedanya adalah Pangya memiliki banyak pola pukuran yang aneh-aneh dan lapangan golf yang sangat unik, bahkan pemain bisa bermain golf di padang salju. Dengan sistem ‘item mall’, Pangya tampaknya akan bisa bertahan lama dengan pola bermain gratis selamanya.

Pangya telah menutup layanannya di Indonesia pada bulan April 2008, dan masih dengan update season 2. Di negara aslinya, Korea, Pangya sudah memasuki update season 3, dimana belum jelas kapan akan di-update juga di Indonesia. Game ini masih banyak diminati oleh para gamer yang memang menyukai pola permainan yang berbeda dibanding game online lainnya.

15.Knight Online

Walau dengan grafik 3D yang masih terlihat kaku dan kurang dipoles, game ini sebenarnya cukup menarik. Muncul pertama kali sekitar pertengahan tahun 2005, game ini hanya diketahui sedikit gamer. Game ini terlihat sepi peminat dan terlihat kurang ramai ketika game ini dimainkan pada saat close beta dan open beta.

Sebenarnya pola permainan game ini hampir sama dengan RYL episode 1, dimana ditekankan adalah pertempuran (PVP) antar gamer yang bisa memilih bangsa El Morad atau Karus. Masing-masing bangsa terdiri dari 4 ras yaitu Mage, Priest Warrior dan Rogue. Terdapat sistem battle juga di game ini yang dilaksanakan setiap dua minggu dan untuk memperebutkan kastil (castle siege).

Promosi yang kurang oleh publishernya PT. Infomedia Nusantara, membuat game ini tidak begitu populer walaupun memakai sistem ‘item mall’ dan gratis selamanya. Game ini hanya bertahan kurang dari 2 tahun, yang akhirnya ditutup pada tahun 2007.

16.SEAL Online

SEAL Online dirilis di Indonesia pada bulan Februari 2006 oleh PT. Lyto, yang merupakan game fantasy RPG 3D dengan grafik imut dan jalan cerita yang menarik. Setiap pemain dalam game akan ditampilkan dalam bentuk karakter 3D imut dan lucu, yang dapat memberikan perasaan nyaman untuk semua kalangan, sehingga memudahkan para gamer untuk saling berkenalan. SEAL memiliki fitur-fitur menarik seperti karakter gamer bisa memancing, berpacaran, memelihara pet, chatting lewat messenger (chat) dan berburu (hunting) bersama.

Game ini sempat booming di Indonesia, apalagi PT. Lyto menghadirkan Marshanda sebagai ikon game, dan ikut bermain game ini juga. Game ini sempat ditinggalkan pemainnya ketika diterapkan sistem ‘pay to play’ yang waktu itu sudah tidak tren lagi di Indonesia karena banyaknya game gratis yang beredar. Akhirnya PT. Lyto menerapkan sistem ‘free to play’ dengan ‘item mall’, yang kemudian kembali menarik minat gamer untuk kembali memainkan game ini.

Hingga saat ini SEAL cukup sering mengadakan event di dalam game maupun di luar game, dan tetap bertahan seiring dengan mulai banyaknya game-game online baru yang bermunculan.

17.RAN Online

Game MMORPG 3D Korea yang satu ini cukup unik, dengan latar belakang cerita ‘tawuran’ dan perseteruan antar sekolah model Jepang. Namun dunianya juga diserang oleh monster, zombie dan sejenisnya. Masing-masing sekolah terbagi menjadi 4 sektor dan juga terdapat 4 tipe karakter yang bisa dimainkan, antara lain Combat (tangan kosong atau fighter), Sword (memakai senjata), Archery (pemanah) dan Qigong (tenaga dalam atau magic).

Dirilis pada bulan April 2006 di Indonesia, RAN sangat diminati dan cocok dengan selera gamer Indonesia. Hal ini terlihat dengan ramainya gamer yang ikut bermain game ini hanya dalam waktu singkat. Salah satu kelebihan game ini adalah pemakaian spek komputer untuk memainkan game ini tidak terlalu tinggi. RAN bisa dimainkan cukup dengan komputer pentium 3 kecepatan 500 Mhz plus kartu grafis 32 MB, dan cukup memori 256 MB.

Game keluaran PT. Jaspace ini memakai sistem ‘item mall’ dan gratis bermain selamanya. Hingga kini game ini masih sangat diminati oleh gamer setianya, dan patch update-nya telah memasuki episode 2.3.

dan masih banyak lagi game-game online yang sudah masuk di Indonesia…

Comments
  1. faza says:

    nice game…………

  2. faza says:

    nice………………..

  3. Aluna/Sagita says:

    nice .

  4. sada says:

    ryl i miss u

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s